MAKALAH KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
makalah
TUGAS KELOMPOK
KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Disusun Oleh
:
FITRI RUMAINI NIM : 825486115
RIANA FITRIANI NIM : 825470983
FRISKA FIRSTLADIS NIM : 825467788
DESTI LISANDI NIM
: 825468418
LEADY ANDINA NIM
: 825466708
ERMA SARI HASAN NIM
: 825768758
UNIVERSITAS
TERBUKA
PROGRAM
S1 PGSD
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UPBJJ
LAMPUNG
POKJAR
WAY LIMA
2018.2
KEGIATAN BELAJAR 1
PEMANFAATAN MEDIA KASET/ CD AUDIO
DALAM PEMBELAJARAN
A. MEDIA AUDIO DAN RADIO
Pada
dasarnya media audio merupakan media yang sangat tepat digunakan untuk membantu
siswa belajar hal-hal yang terkait dengan unsur suara. Meskipun demikian tidak
berarti bahwa mata pelajaran yang tidak berisikan materi yang terkait dengan
unsur suara tidak dapat dikombinasikan dengan media audio.
Pemanfaatan
media audio pembelajaran sangat mungkin dilakukan mengingat penggunaannya tidak
memerlukan biaya yang mahal. Teknologi yang digunakan untuk merekam suara pun
sangat mudah ditemui bahkan dapat dijumpai di rumah. Sebagai contoh, merekam
suara dapat dilakukan dengan tape recorder ataupun pemutar CD ( CD Recorder ),
telepon seluler (HP) yang saat ini sudah menjadi barang sangat biasa dan
dimiliki oleh banyak penduduk Indonesia. Demikian pula dengan teknologi MP3
yang mampu merekam suara.
1. Kaset audio
Kaset
audio adalah bahan magnetik yang digunakan untuk merekam suara. Kaset audio
dapat digunakan untuk mata pelajaran biologi, fisika atau pelajaran geografi
melalaui kombinasi kegiatan mendengar rekaman suara, membaca bahan cetak dan
mengerjakan kegiatan-kegiatan yang diinstruksikan dalam rekaman suara, tugas
guru adalah memantau proses belajar siswa dan memberikan bimbingan kepada siswa
yang mengalami hambatan dalam belajar.
2. Keping cakram (Compact Disc/CD)
Cakram /
CD merupakan Teknologi lanjutan dari pita magnetik dalam bentuk kaset audio.
Cakram dapat diputar dengan pemutar kaset audio yang dilengkapi pemutar cakram/CD player atau komputer.
3. Pertimbangan untuk mengembangkan
Media pembelajaran
Ada
beberapa prinsip yaitu:
-
Media
yang dibutuhkan tersedia/ ada
-
Tujuan
yang ingin dicapai
-
Apakah
penggunaan media akan membebani siswa atau Anda sendiri?
-
Apakah
Anda siap untuk mengkombinasikan penggunaan media dengan aktivitas lain untuk
siswa?
-
Gunakan
orang, bahan mentah, bahan daur ulang yang ada disekitar
B. MANFAAT MEDIA AUDIO
Secara umum, kaset/ CD akan sangat
membantu siswa dan Anda dalam hal berikut :
1. Mempelajari materi kapan pun
diinginkan
2. Dapat diputar berulang- ulang
3. Mendapat materi dari sumber lain
4. Memilih materi yang diperlukan
sesuia kebutuhan
5. Memotivasi siswa untuk belajar
C. BENTUK PEMANFAATAN MEDIA AUDIO
Menurut Rowntree(1994) ada 4 bentuk
pemanfaatan audio, yaitu:
1. Mendengar dan melakukan
2. Hanya mendengar
3. Mendengar dan melihat
4. Mendengar, melihat dan melakukan
Heinicch(1996) memberikan beberapa
petunjuk pemafaatan program audio, memudahkan anda mengingat kita singkat 6 P,
yaitu terdiri dari:
1. Putar program sebelum digunakan
2. Persiapkan bahan / meteri/ alat
3. Persiapkan lingkungan belajar
4. Persiapkan siswa untuk belajar
5. Persiapkan pengalaman belajar
6. Pemanfaatan program olah siswa
KEGIATAN BELAJAR 2
PEMANFAATAN MEDIA RADIO
Pemanfaatan radio bagi kepentinagn
pendidikan di Indonesia sudah diawali sejak tahun 1938. Pada tahun 1950, Ki
Hadjar Dewantara telah menyadari bahwa radio sangat bermanfaat sebagai alat
pendidikan. Hal ini sejalan pula dengan teori Quantum Learning dimana proses belajar dalam diri siswa akan
berlangsung lebibih efektifbila dilakukan dalam suasana yang menyenangkan
termasuk memberi sentuhan musik didalamnya (DePorter, Readon &
Singer-Nourie, 2000).
Untuk pendidikan SD, salah satu
contoh yang sangat menarik adalah adanya bantuan Proyek Managing Basic
Education (MBE) dari USAID yang mendirikan radio pendidikan SD di desa Sempu,
Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Radio yang mengudara pada
frekuensi 95,2 AM ini dikelola oleh guru – guru di SDN Sempu terutama untuk
membantu siswa mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas-tugas sekolah untuk mata
pelajaran –mata pelajaran tertentu. Penyiarnya adalah para guru dan siswa –
siswa SD itu sendiri.
Dari sisi pembelajaran, media radio
memikili beberapa kelebihan sesuai denga karakteristiknya sebagai alat media
massa, yaitu:
1. Program radio ini masih memiliki
pendengar tersendiri karena pada dasarnya media ini dapat menjangkau daerah
yang luas.
2. Kemampuannya untuk menstimulasi
imajinasi pendengar melalui siaran langsung kepada pendengarnya.
3. Program radio juga sangat menarik
karena diselingi lagu-lagu dan dapat menghadirkan narasumber untuk membahas
topik tertentu.
4. Kelebihan lain dari media radio
adalah kemampuannya untuk memberikan informasi terkini (mutakhir).
5. Kelebihan lain adalah keluwesannya
untuk dapat didengarkan di manapun sambil mengerjakan hal-hal lain. Ini
menunjukkan bahwa penggunaan radio lebih luwes atau fleksibel bila dibandingkan
dengan media lain.
6. Siswa dapat pula mendengarkan
program radio diamanapun mereka inginkan
Disamping kelebihannya, media radio juga memiliki beberapa
kelemahan antara lain:
1. Kemampuan mendengar manusia untuk
mampu mendengarkan prorgam radio berkisar antar 10-15 menit. Sehingga perlu dirancang agar program tidak
lebih dari durasi maka program radio perlu dikemas dalam bentuk
pengalan-pengalan dan selingan
2. Karena sifatnya yang auditif dan
cepat menimbulkan kebosanan, maka program radio sangat membutuhkan rancangan
yang menarik
3. Pada program yang bersifat satu
arah, sulit menghadirkan interaksi emosi dan afeksi antara pembicara dengan
pendengar
4. Siaran radio selalu sudah
dijadwalkan sehingga pendengar harus menyesuaikan pemanfaatannya dengan jadwal
tersebut.
Diantara
kelemahan yang dapat muncul dalam pemanfaatan radio adalah media ini bersifat
auditif yang memungkinkan cepat menimbulkan kebosanan pendengarnya apabila
disiarkan tanpa variasi. Media radio juga terbatas dalam menimbulkan interaksi
emosi dan afeksi antara narasumber dengan pendengar. Program radio yang
bersifat sekali dengar juga menyulitkan pendengar untuk mengulang informasi
yang sudah didengar.
Komentar
Posting Komentar